Serangan Babi Hutan Resahkan Petani

Serangan Babi Hutan Resahkan Warga

Hasil Perkebunan Ludes

PANINGGARAN – Serangan sekelompok babi hutan  atau dikenal Celeng kian meresahkan warga Desa Lumeneng Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Sebab semua tanaman diarea pertanian dan perkebunan dirusak hingga tak bersisa.

Sekelompok babi hutan menyerang dan merusak sawah dan perkebunan warga yang ditanami padi, jagung, singkong bahkan akhir akhir ini pohon pisang juga ikut menjadi sasaran babi hutan. Untuk menanggulangi serangan kawanan babi hutan, petani  kerap melakukan perburuan dengan menggunakan alat seadanya dan anjing pelacak.

Warga Dukuh Kali Wisnu Desa Lumeneng Kecamatan Paninggaran,  Hasan menyampaikan adanya serangan hama babi hutan  akhir akhir ini benar benar membuat warga resah. Sebab babi hutan  tidak hanya memakan tanaman yang ada di sawah dan perkebunan,  namun  hewan tersebut juga merusak.

“Warga sudah berulang kali melakukan perburuan babi hutan namun selama ini hasilnya kurang maksimal, sebab sekali beranak lebih dari 10 ekor.  Kemudian saat di area pertanian atau perkebunan kawanan babi hutan selalu berkelompok,”katanya.

Tak hanya berburu babi hutan,  warga juga sudah berusaha menanggulangi serang babi dengan cara memasang pagar.  Melakukan pengobatan dan jebakan,  namun hasilnya kurang maksimal.

“Petani sudah memasang jebakan, akan tetapi untuk jalur yang dilalui selalu berubah ubah, ” imbuhnya.(4son)

Share

1 komentar untuk “Serangan Babi Hutan Resahkan Petani”

  1. Pingback: Social share tool

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *