Ribuan Koin Kuno Ditemukan Petani Saat Mencangkul

Ribuan Koin Kuno Ditemukan Petani Saat Mencangkul

WINDUROJO, KESESI  –  Seorang petani di Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah menemukan ribuan keping uang kuno dan bokor perunggu saat mencangkul di sawahnya, kepingan koin kuno ini bertuliskan mirip huruf China.

Dahri Rohamnto warga Desa Windurojo Kesesi Kabupaten Pekalongan menemukan 1997 keping koin kuno yang berbahan perunggu, penemuan itu terjadi pada 14 Desember 2020 di blok persawahan Kraminan, masih berada di Dusun yang sama dengan tempat tinggalnya.

Saat Dahri mencangkul sawah, tiba-tiba mengenaik bokor atau sejenis gerabah yang sudah pecah. Setelah dilihat, Dahri menemukan koin kuno seberat enam kilogram dan memasukkannya ke dalam karung.

Koin-koin yang dia temukan bentuknya tipis dan berlubang di bagian tengahnya, kondisi koin-koin itu terikat pada seuntai tali yang putus saat diangkat oleh Dahri.

Sesampainya di rumah, Dahri lalu mencuci kepingan koin tersebut, beberapa kali ada tulisan mirip huruf China pada koin tersebut.

Petugas dari BPCB Jateng bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pekalongan sempat mendatangi rumah Dahri, mereka menduga koin kuno yang ditemukan berasal dari abad 14 Masehi yaitu kepingan perunggu yang merupakan alat pembayaran.(4son-6us)

Share

18 komentar untuk “Ribuan Koin Kuno Ditemukan Petani Saat Mencangkul”

  1. The author s hereby confirm that neither the manuscript nor any part of it, except for abstracts less than 400 words, has been published or is being considered for publication elsewhere clomid This question can open many opportunities of communication, validate patients concerns and attest to their importance Bakewell Volker, 2005

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *