Mengenal dekat sajian khas Bulan Puasa

Mengenal lebih dekat sajian khas Bulan Puasa

Mendolo, Lebakbarang – Bulan Puasa belum lengkap rasanya kalau belum menyantap kolang kaling,Taukah anda disebuah Desa Mendolo Kecamatan Lebakbarang Kab.Pekalongan terdapat pengrajin kolang kaling yang berproduksinya dipinggir hutan Desa Mendolo.  

Buah kolang kaling sendiri dibuat dari buah aren, biasanya pengrajin melibatkan keluarganya untuk mengolah buah aren. Setelah dipotong dari dahannya,buah aren dipisahkan dari tangkainya dan kemudian direbus dengan alat seadanya, setelah matang buah aren diangkat dan dikupas satu persatu dari cangkangnya, anak anak pun turut membantu orang tua mereka,kebiasaan ini sudah biasa dilakukan disaat liburan tiba.

Sebelum dijual kolang kaling di cuci dan diawetkan dengan rendaman air bersih.setelah itu kolang kaling bisa di santap sebagai bahan campuran kolak ataupun es campur untuk melengkapi menu dibulan puasa.

Setiap bulan puasa tiba SRI SUBEKTI 33 tahun warga Desa Mendolo merupakan satu satunya Pengrajin Kolang Kaling didesanya, usaha kolang kalingnya dirintis sejak hampir dua tahun, setiap tahun memasuki bulan puasa ia yang dibantu keluarganya menerima pesanan kolang kaling dari mulai toko toko dipasar karanganyar,serta kec. lebakbarang,satu harinya ia bisa menghasilkan kolang kaling satu kwintal, harga kolang kaling sendiri dibulan puasa mencapai harga Rp 7.000 lebih tinggi dibandingkan sebelum harga di bulan puasa yang hanya kisaran Rp 3.000.(4son)

Share

1 komentar untuk “Mengenal dekat sajian khas Bulan Puasa”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *