Kirab Budaya Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan Ke-400

KAJEN  –  Kabupaten Pekalongan pada tanggal 25 Agustus 2022 ini genap berusia empat abad. Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-400 tahun. Salah satunya adalah napak tilas pindahnya Kabupaten Pekalongan dari Kota Pekalongan ke Kajen dengan agenda kirab budaya yang diikuti oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, Wakil Bupati Pekalongan Riswadi dan organisasi perangkat daerah. Sebanyak 37 kereta kencana telah dipersiapkan jauh-jauh hari untuk pelaksanaan napak tilas yang dimulai sejak pukul 08:00 WIB dari Pendopo Nusantara alun-alun Kota Pekalongan (25/08/2022).

 

Bupati Pekalongan didampingi sang suami, Ashraff menaiki kereta kencana yang dihias dengan gaya keraton dan mereka berdua mengenakan pakaian adat jawa. Kereta pertama yang paling depan adalah Sekda Kabupaten Pekalongan, Julian Akbar, dan selanjutnya Bupati, Wakil Bupati dan seterusnya kereta para pejabaat setingkat asisten, kepala dinas dan camat.

 

“Kirab ini merupakan rangkaian untuk memperingati hari jadi ke-400 tahun Kabupaten Pekalongan dan 21 tahun pemindahan ibukota Kabupaten Pekalongan.”

 

“Jadi, kirab ini adalah napak tilas pemerintah Kabupaten Pekalongan dari di kota, ke Kajen,” kata Bupati Pekalongan Fadia Arafiq.

 

“Kirab ini sesuatu yang unik dan memperingati 4 abad Kabupaten Pekalongan, insyaAllah di umur 4 abad ini Kabupaten Pekalongan tambah sukses dan maju,” imbuhnya.

 

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat, atas antusias dalam kirab budaya untuk memperingati hari jadi ke 400 tahun Kabupaten Pekalongan.

 

“Harapan saya acara ini, setiap tahun kita bisa melaksanakan. Saya juga berpesan kepada masyarakat, semoga terus bekerjasama dan kompak untuk membangun Kabupaten Pekalongan,” tambahnya.

 

Sementara itu, Wakil Bupati Pekalongan Riswadi mengatakan kirab ini sangat meriah sekali dan sakral sekali.

 

Rute dalam kirab budaya hari jadi Kabupaten Pekalongan tahun 2022 menempuh jarak 27 km dimulai dari pendopo alun-alun Kota Pekalongan melewati Jl. Hayam Wuruk, Jalan Gajahmada menuju Gumawang Wiradesa, Bojong dan selanjutnya ke Surobayan, Wonopringgo, Karanganyar dan berakhir di Pendopo Rumah Dinas Bupati Pekalongan di Kajen.

 

Masyarakat cukup antusias menyambut arak-arakan kereta kencana yang melewati jalur nasional pantura sampai dengan Kajen. Anak-anak sekolah sejak pagi menunggu rombongan napak tilas sejak pagi. Ini sebagai bukti kecintaan mereka terhadap Kabupaten Pekalongan dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Pekalongan.(6us)

Share

2 komentar untuk “Kirab Budaya Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan Ke-400”

  1. After I initially commented I seem to have clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox and now whenever a comment is added I recieve 4 emails with the same comment. Is there a means you can remove me from that service? Cheers!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.