Amankan Nataru, Polres Pekalongan Terjunkan 486 Personel Gabungan

Amankan Nataru, Polres Pekalongan Terjunkan 486 Personel Gabungan

KAJEN  –  Polres Pekalongan menggelar apel gelar pasukan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru dalam Operasi Lilin Candi 2021. Apel gelar pasukan lintas sektoral ini berlangsung di halaman Mapolres Pekalongan.

 

Dalam sambutannya, Kapolres Pekalongan  menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk memantapkan koordinasi bersama Kodim 0710/Pekalongan, Pemerintah Kab. Pekalongan, dan Instansi terkait agar dapat menyamakan persepsi dan evaluasi atas pelaksanaan operasi Lilin Candi tahun lalu.

 

Saat pelaksanaan ibadah Natal tahun ini, 16 gereja yang ada di Kabupaten Pekalongan dijaga ketat oleh tim gabungan yang terdiri jajaran Polri, TNI, Dinas Perhubungan, dan instansi tekrait lainnya yang ada di wilayah tersebut. Pengamanan tersebut sasaran utamanya supaya masyarakat yang sedang menjalankan ibadah aman dan nyaman. Kemudian untuk menganstipasi tindakan yang tidak diinginkan seperti perusakan tempat ibadah, ancaman dan teror bom, pencurian, dan lainnya.

 

Sesuai dengan aturan pemerintah, maka masing-masing gereja diikuti sebanyak 50 persen dari kapasitas yang ada. Kemudian juga melakukan pengawasan terhadap semua tamu yang datang dengan dibantu pengurus gereja setempat.

 

Khusus pengurus gereja yang ikut membantu pelaksanaan pengamanan, tugasnya membentuk satuan petugas Covid 19 setempat sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

 

Total keseluruhan petugas pengamanan dalam rangka Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Pekalongan sebanyak 486 personel, 307 di antaranya dari jajaran Polres Pekalongan. Para petugas ini ditempatkan di empat pos pengamanan dan satu pos pelayanan terpadu yang ada di kawasan Internasional Batik Center (IBC) Wiradesa. Sedangkan empat pos pengamanan berada di Pait, Siwalan, Exit Tol Bojong, Kedungwuni, dan Tugu Nol Kajen.

 

Selain tempat ibadah, tempat wisata juga menjadi sasaran pengamanan petugas dari tim gabungan Kabupaten Pekalongan. Ada 11 objek wisata besar yang tersebar di delapan kecamatan yang menjadi perhatian tim gabungan. Sedangkan sasarannya adalah keamanan dan ketertiban lalu lintas di lokasi wisata dan yang paling utama terkait jumlah pengunjung.(4son-6us)

Share

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *